Berita

Modul Ajar Kelas 2 Sekolah Dasar By. Lika Verna,S.Pd

 

SD Negeri 31 Kota Lubuk Linggau

 

 
   

Modul Ajar Kurikulum

Merdeka

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TAPEL

2023/2024

 

 

 

 

 

 

 

 

Lika Verna, S.Pd

 

 

 

 

 

Kelas II.b

Semester Ganjil

 

 

 

 

 

Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Informasi Umum

  1. Identifikasi Penulis                             

Nama Penyusun

:

Lika Verna, S.Pd

Status Pendidikan

:

SD Negeri 31 Lubuk Linggau

Jenjang Sekolah

:

Sekolah Dasar (SD)

Tahun Pelajaran

:

2023/2024

Mata Pelajaran

:

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Fase

:

A

Kelas/Semester

:

II (Dua) /  Ganjil (I)

Unit

:

Pancasila Dasar Negaraku

Pembelajaran 1

:

Mengenal Lima Simbol Pancasila

Alokasi Waktu

:

2Jp

B. Profil Pelajar Pancasila

  1. Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia : Mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa
  2. Berbhinekaan Global : Menumbuhkan rasa menghormati tehadap keanekaragaman budaya
  3. Gotong royong : kerja sama
  4. Mandiri : Mengenal emosi dan pengaruhnya
  5. Bernalar Kritis : Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosesnya

C. Peserta Didik

Target Peserta Didik

:   Peserta Didik Reguler/Tipikal

    Peserta Didik kecepatan belajar tinggi (advanced)

Karateristik Peserta Didik

:   Umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar

Jumlah Peserta Didik

:   15 – 20 Peserta didik

D. Model Pembelajaran

Moda Pembelajaran

:   Tatap Muka

Pendekatan

:   Berpusat pada peserta didik

Model Pembelajaran

  :   Pengamatan bercerita, membaca, Tanya jawab, diskusi (Kerja kelompok), games dan Penugasan

E. Sarana & Prasarana

Sumber Belajar

:

Sumber Belajar Peserta Didik :

Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD Kelas 2

Sumber bacaan yang berkaitan dengan ilmu symbol Garuda Pancasila

 

Sumber Bacaan Guru :

Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD Kelas 2

Media Pembelajaran

:

  1. Lap top
  2. Alat bantu audio (speaker)
  3. Proyektor
  4. Jaringan Intenet
  5. Gambar symbol Pancasila dan Puzzle gambar symbol Garuda Pancasila
  6. Smartphone, video, fillm atau animasi yang berkatan dengan lima symbol Garuda Pancasila:
  1. Simbol kesatu Pancasila
  2. Simbol kedua Pancasila
  3. Simbol ketiga Pancasila
  4. Simbol keempat Pancasila
  5. Simbol kelima Pancasila

F. Kompetensi Prasyarat (Kompetensi Awal)

Kompetensi prasyarat adalah kompetensi awal yang sudah dipahami peserta didik sebelum mempelajari materi yaitu :

 

Elemen

Kompetensi Prasyarat

Pancasila

  1. Peserta didik harus sudah mampu mengenal symbol sila-sila Pancasila dalam lambang Negara ‘Garuda Pancasila’
  2. Peserta didik harus sudah mampu mengenal symbol sila-sila Pancasila dalam lambang Negara ‘Garuda Pancasila’
  3. Peserta didik harus sudah mampu menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada lambang Garuda Pancasila.

Pancasila

Peserta didik dapat mengenal simbol-simbol Pancasila dan lambang Negara Garuda Pancasila, serta menceritakan hubungan simbol-simbol Pancasila dengan sila-sila dalam Pancasila. Peserta didik juga dapat mengidentifikasi tugas dan peran dirinya dalam kegiatan besama. Ia dapat mengidentifikasi hal-hal yang dianggap beharga dan penting bagi dirinya dan orang lain serta mulai betanggung jawab untuk menjaga hal yang berharga dan penting dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik.

 

 

 

 

 

 

KOMPONEN INTI

  1. Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran PPKN Unit 1

 

Elemen

Capaian Pembelajaran

Pancasila

Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang Negara Garuda, menyebutkan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila: menerapkan nilai-nila Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah

 

Capaian Pembelajaran PPKN Unit 1

Elemen

Capaian Pembelajaran

Pancasila

Peserta didik dapat mengenali simbol-simbol Pancasila Negara Garuda Pancasila, serta menceritakan hubungan simbol-simbol Pancasila dengan sila-sila dalam Pancasila. Peserta didik juga dapat mengidentifikasi tugas dan peran dirinya dalam kegiatan besama. Dan ia juga dapat mengidentifikasi hal-hal yang dianggap berharga dan penting bagi dirinya dan orang lain, serta mulai bertanggung jawab untuk menjaga hal berharga dan penting bagi dirinya tersebut. Selain itu juga menerapkan nila-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik.

  1. Tujuan Pembelajaran

 

Elemen

Tujuan Pembelajaran

Pancasila

Mengenali lima simbol pancasila dalam garuda Pancasila

 

  1. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

 

Elemen

Tujuan Pembelajaran

Pancasila

Melalui pengamatan gambar, menyimak video, membaca teks, Tanya jawab, bercerita, games picture and picture menggunakan puzzele dan diskusi kelompok tentang simbol Pancasila, peserta didik dapat mengenali lima  simbol Pancasila dalam Garuda Pancasila dengan tepat 

 

  1. Matei Pokok

Elemen

Materi pokok

Pancasila

  1. Simbol kesatu Pancasila
  2. Simbol kedua Pancasila
  3. Simbol ketiga Pancasila
  4. Simbol keempat Pancasila
  5. Simbol kelima Pancasila
  1. Pemahaman Bermakna

Melalui pembelajaran pada unit 1 ini, peserta didik akan belajar tentang ilmu simbol Pnacasila, hubungan lima simbol Pancasila dengan sila-sila Pancasila, tugas dan peran dalam kegiatan bersama, hal-hal penting bagi diri dan orang lain, bertanggung jawab terhadap hal penting, sert penerapan nilai –nilai Pancasila dalam keseharian.

  1. Pertanyaan Pemantik

Siapa yang mau menyanyikan lagu garuda Pancasila?

Siapa yang sudah menghafal Pancasila ?

Pancasila ada berapa sila? Coba sebutkan !

  1. Asessmen

Meliputi aspek civic knowledge (pengetahuan kewarganegaraan), civic disposition (sikap kewarganegaraan), dan civic skills ( keterampilan kewarganegaraan) yang bermuara kepada dimensi profil pelajar Pancasila. Asesmen yang dilakukan meliputi teknik asesmen berupa tes dan non tes. Untuk asesmen tes, menggunakan jenis asesmen lisan, tulisan, maupun perbuatan dapat menggunakan bentuk soal lisan, tertulis dan perbuatan/unjuk kerja. Sedangkan untuk asesmen non tes, menggunakan jenis observasi dengan bentuk lembar observasi/pengamatan, skala sikap, jurnal, asesmen diri, dan asesmen antar teman.  

  1. Kegiatan Pembelajaran

Persiapan Pembelajaran

  1. Menyiapkan media gambar simbol Pancasila dan Puzzel gambar simbol garuda Pancasila;
  2. Kegiatan pembelajaran 1 ini terdapat tayangan, maka harus disediakan lap top, smartphone, proyektor, speaker, video, fillm atau animasi yang berkaitan dengan lima simbol garuda Pancasila;
  3. Bacaan atau wacana yang berkaitan dengan lima simbol garuda Pancasila ;
  4. Menata keadaan kelas seperti penempatan meja, kursi, media dan alat peraga;
  5. Menyediakan referensi, buku ajar,sumber bacaan atau panduan bagi peserta didik sebelum masuk ke dalam kegiatan pembelajaran.

Kegiatan

Muatan Inovasi PPK, 4c

  1. Kegiatan pembelajaran diawali dengan ucapan salam dari guru;
  2. Memimpin doa atau meminta seorang peserta didik untuk memimpin doa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing
  3. Menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’
  4. Memeriksa kehadiran peserta didik;
  5. Ice breaking bisa dengan bernyanyi, tepuk-tepukan, permainan atau apa saja yang dikuasi guru yang dapat memberikan semangat belajar
  6. Melakukan apersepsi dengan memberikan gambaran kegiatan sehari-hari yang dikaitkan dengan materi tentang lima simbol dalam garuda Pancasila, misalnya;

● ‘Apakah kalian pernah mendengarkan garuda Pancasila?’

●  Ada simbol apa saja dalam garuda Pancasila?’

  1. Memberikan motivasi dengan cara memberitahukan manfaat mempelajari lima simbol dalam garuda Pancasila
  2. Menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar materi, dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

Religius

Nasionalis

Communication

Collaboration

Kegiatan Inti  (50 Menit)

Orientasi peserta didik pada masalah

  1. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok belajar
  2. Pesert didik mengamati gambar garuda Pancasila, yang diperlihatkan guru
  3. Peserta didik diberikan pertanyaan,’ Apa yang kalian ketahui dengan gambar ini?’
  4. Peserta didik melakukan Tanya jawab dengan guru
  5. Peserta didik diarahkan untuk membaca bacaan yang berjudul, ‘Lima simbol garuda Pancasila’.
  6. Peserta didik menyebutkan isi bacaan lima simbol ‘garuda Pancasila’

Communication

Collaboration

Mengorganisasikan peserta didik untuk belajara

  1. Peserta didik menyimak tayangan berupa video, film, atau animasi yang bersumber dari youtube, atau sumber lainnya dengan kata kunci pencarian ‘Simbol Pancasila’
  2. Peserta didik menanggapi tayangan video, film, atau animasi penjelasan lima simbol garuda Pancasila
  3. Tanya jawab peserta didik dengan guru tentang tayangan penjelasan lima simbol ‘garuda Pancasila’
  4. Peserta didik dapat menceritakan kembali isi video, fillm atau animasi dengan bahasa sendiri mengenai simbol Pancasila

Collaboration

Critical thinking

Mandiri

Inegritas

Gotong royong

Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok

  1. Untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mengenal lima simbol dalam lambang garuda Pancasila, peseta didik mengisi lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan teman sekelompoknya, melalui games mengunakan puzzle simbol Pancasila dipandu oleh guru

Collaboration

Critical thinking

Mandiri

 

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

  1. Peserta didik dapat mencari sumber atau referensi dalam mengerjakan LKPD melalui pengamatan lingkungan sekolah, buku, internet, dan lainnya.
  2. Tiap kelompok melaporkan hasil diskusi LKPD secara bergantian di depan kelas, jika tidak memungkinkan, guru dapat berkeliling ke tiap kelompok untuk melihat hasil diskusinya.

Collaboration

Critical thinking

Mandiri

 

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

  1. Peserta didik mendapatkan asesmen sikap, pengetahuan dan keteampilan dalam kegiatan tersebut sesuai rubric
  2. Peserta didik mendapatkan feedback atau umpan balik atas pekerjaannya dari guru dan teman
  3. Peserta didik juga mendapatkan penguatan dari guru tentang lima simbol dalam lambang burung garuda Pacasila.

Collaboration

Critical thinking

Mandiri

Inegritas

Gotong royong

Kegiatan Penutup  (10 menit)

  1. Dengan bimbingan guru, peserta didik membuat refleksi tentang materi yang telah dibahas bersama
  2. Dengan bimbingan guru, peserta didik membuat kesimpulan
  3. Peserta didik mengerjakan asesmen formatif pembelajaran 1 berupa soal tertulis
  4. Peserta didik diberi penguatan berupa penugasan atau pekerjaan rumah, melalui proyek pembuatan simbol Pancasila dari barang bekas seperti kertas, karton, atau bahan lainnya
  5. Menyanyikan lagu ‘Garuda Pancasila’
  6. Pembelajaran diakhiri dengan ucapan salam dan berdoa setelah belajar sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing

Communication

Collaboration

Nasionalisme

Religius

Pembelajaran Altenatif

Kegiatan pembelajaran alternative dilaksanakan karena jika tidak tersedianya alat teknologi informasi (Lap top, hp, proyektor,speaker), media simbol, puzzle, wacana atau bacaan, jaringan internet/kouta, tidak ada listrik atau dalam keadaan darurat bencana.

Langkah-langkah pembelajaran alternative dapat dilakukan secara klasikal, kelompok kecil, maupun individu. Penggunaan metode bercerita, pengamatan, Tanya jawab dan games dapat dimaksimalkan. Jika  pembelajaran dilaksanakan di dalam kelas, guru dapat mengupayakan membuat gambar simbol di papan tulis atau di kertas, karton dengan jelas. Guru juga dapat mengajak peserta didik berkeliling di kelas, perpustakaan, sekolah untuk mengamati benda-bendayang membuat simbol dan lambang garuda Pancasila.

Pembelajaran alternative dapat dilaksanakan juga oleh guru di luar kelas, apabila didalam kelas tidak memungkinkan. Sama sepeti pembelajaran di dalam kelas, teknik pembelajaran dapat dilakukan secara klasikal, kelompok kecil, maupun individu. Guru dapat menerapkan metode pengamatan, bercerit, Tanya jawab, games,dan kunjungan visitasi ke kantor atau instansi di sekitar sekolah yang sekitarnya terdapat gambar simbol Pancasila .

  1. Refleksi

Refleksi Guru

◊ Saya yakin tujuan pembelajaran telah tercapai

◊ Saya melihat peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran

◊ Saya melihat peserta didik memahami dalam pembelajaran

◊ Saya melihat peserta didik hambatan dan kesulitan ketika pembelajaran

Refeksi Peserta didik

◊ Saya yakin pengetahuan dan keteampilan bertambah

◊ Saya terlibat aktif dalam pembelajaran

◊ Saya antusias mengikuti pembelajaran dari guru

◊ Saya memahami materi yang di ajarkan guru

◊ Saya kesulitan ketika mengikuti pembelajaran dari guru

◊ Saya akan lebih aktif dalam pembelajaran beikut nya

Lampiran

  1. Pengayaan dan Remedial

Kegiatan pengayaa dilakukan kepada peserta untuk menambah pengetahuan dalam topic yang sama.  Dalam hal membaca lima simbol dalam lambang negara garuda Pancasila, misalnya  menjelaskan simbol lain yang ada dalam  ‘garuda pancasila’.

  1. Bahan bacaan guru dan peserta didik telampir
  1. Lembar kerja peserta didik terlampir
  1. Ruplik penilaian telampir
  1. Glossarium
  1. Gotong royong sebuah aktivitas yang mencerminkan bersama-sama untuk berkerja secara mencapai suatu hasil yang didambakan kewarganegaraan. Hal yang berhubungan dengan warga negara dan keanggotaan sebagai warga negara.
  2. Pancasila dasar negara serta falsafah bangsa dan negara Republik Indonesia yang tediri atas lima sila, pandangan hidup dan kepribadian bangsa yang nilai-nilainya bersifat nasional yang mendasari kebudayaan bangsa, maka nila-nilai tersebut merupakan perwujudan dari cita-cita hidup bangsa.
  1. Daftar Pustaka

 

           

                                                                                                                            Lubuklinggau, 10 Juli  2023

                                Kepala Sekolah,                                                                  Guru Kelas II.b

 

 

                                Rosneli,S.Pd                                                                        Lika Verna,S.Pd

                                NIP. 196808151988102001                                             NIP. -

 


Komentar

×
Berhasil membuat Komentar
×
Komentar anda masih dalam tahap moderator
1000
Karakter tersisa